Senin, 01 April 2013



UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Mata Kuliah                :  Filsafat Umum
Jurusan/Jenjang        :  PAI /S1
Semester/Kelas         :  II/A,B,C, dan D
Dosen                         :  Dr. Mohamad Erihadiana

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan jelas!

1.  Jelaskan apa pengertian filsafat, faktor pendorong timbulnya filsafat, peranan filsafat,  sistematika dan manfaatnya secara umum!
2.  Filsafat memiliki pengaruh penting terhadap kehidupan termasuk pendidikan, coba Saudara berikan contoh sederhana pengaruh filsafat terhadap pendidikan terutama kepada guru dan orang tua dalam proses pendidikan sehari-hari!
3. Filsafat berkembang tidak hanya di “Barat”, tetapi juga di “Timur”. Coba Saudara jelaskan perkembangan filsafat timur khususnya filsafat  yang berkembang di India (Hindu dan Budha) dan di China (Konfucius dan Tao)!
4.  Orang yang diberi  gelar sebagai Bapak Filsafat adalah Thales, sedangkan Socrates melawan orang-orang sofis dengan metode dialektikanya. Berikutnya muncullah Plato dan Aristoteles. Coba Saudara ceritakan dengan bahasa sendiri proses perkembangan filsafat dari Thales sampai Aristoteles!
5.  Abad pertengahan adalah abad kegelapan bagi Eropa, tetapi bagi Islam abad pertengahan adalah puncak kejayaan. Coba Saudara jelaskan pernyataan tersebut disertai contoh dan alasan!
6.  Tiga aliran filsafat yaitu rasionalisme, empirisme, dan positivisme menggiring manusia menjadi sekuler, mengapa? Jelaskan!
7.  Coba Saudara jelaskan perbedaan filsafat modern dengan filsafat postmodernisme dengan mengutip pemikiran tokoh postmodernisme!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar