Kamis, 06 Desember 2012

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) SUSULAN

Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Islam
Jurusan/Jenjang : Pend. Bahasa Arab/kualifikasi
Semester :
Dosen/Asisten : Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan jelas!
1. Manusia memiliki naluri alamiah (al-naz’ah al-fithriyyah) atau fithrah untuk mengenal Allah Swt dan beriman kepada-Nya, mengesakan-Nya, dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan beribadah, berlindung dan minta pertolongan kepada-Nya dari berbagai kesulitan dan bahaya. Al-Quran menunjukkan naluri alamiah tersebut melalui firman Allah Swt. dalam Qs. Al-Rum (30): 30. Berdasarkan ayat tersebut buatlah analisis mengenai hakikat fithrah dalam perspektif al-Quran dan al-Sunnah
2. Paradigma pendidikan Islam menggunakan empat pendekatan yaitu:
Pendekatan Pragmatis (islamisasi pengetahuan)
Pendekatan Skriptualis
Pendekatan Filosofis
Pendekatan Tasawuf
3. Berikan penjelasan tentang empat pendekatan tersebut dan terangkan implikasi masing-masing pendekatan dalam pengembangan teori pendidikan Islam.
4. Pengembangan Pendidikan Agama Islam di masyarakat harus memuat sekurang-kurangnya empat komponen yaitu tujuan, program, metode, dan evaluasi. Buatlah sebuah contoh rancangan pengembangan PAI di masyarakat yang menggambarkan empat komponen tersebut.
5. berdasarkan hasil kajian Anda, Jelaskan secara singkat konsep pendidikan menurut salah satu tokoh pendidikan Islam yang meliputi tujuan, materi, metode, dan evaluasi.

SELAMAT BEKERJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar