Minggu, 25 Maret 2012

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Mata Kuliah : Pengelolaan Pendidikan
Jurusan/Semester/Kelas : PGMI/IV/A dan B
Dosen : Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd

Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan jelas!
1. Jelaskan secara komprehensif pengertian Administrasi, pengelolaan/manajemen, dan kepemimpinan serta perbedaan maupun keterkaitan ketiga istilah tersebut menurut para ahli!
2. Pengelolaan pendidikan memiliki kerangka, konsep dasar, tujuan, serta manfaat. Jelaskan keempat hal tersebut berdasarkan pemahaman Anda dari literatur yang Anda baca!
3. Dalam perspektif pengeloaan pendidikan, pendidikan nasional memiliki tata nilai dan sistem, deskripsikan secara ringkas tata nilai dan sistem pendidikan nasional menurut pemahaman Anda serta jelaskan keterkaitannya dengan visi,misi, strategi pendidikan nasional dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan di Indonesia!
4. Jenis perencanaan pendidikan menurut tingkatannya di antaranya adalah: (1) perencanaan strategik (renstra); (2) perencanaan koordinatif; dan (3) perencanaan operasional. Bagaimana implementasi ketiga jenis perencanaan tersebut dalam pendidikan, jelaskan dengan menggunakan contoh!
5. Dalam pengelolaan pendidikan kepala sekolah dan supervisor (pengawas) memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, baik kepala sekolah dan supervisor (pengawas) harus memiliki standar kualifikasi dan standar kompetensi tertentu. Setelah Anda membaca secara lengkap standar kualifikasi dan standar kompetensi kepala sekolah dan supervisor (pengawas) buatlah analisis berdasarkan unsur manajemen (perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan) efektivitas standar kualifikasi dan standar kompetensi kepala sekolah dan supervisor (pengawas) dalam praktik pendidikan dan buatlah saran/kritik terhadap standar kualifikasi dan standar kompetensi kepala sekolah dan pengawas.

SELAMAT BEKERJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar