Sabtu, 25 Februari 2012

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
PROGRAM DUAL MODE SYSTEM

MATA KULIAH :PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
JURUSAN/SEMESTER : PGMI/VII
DOSEN : Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd

1. Terdapat istilah pendidik, pendidikan, dan guru. Jelaskan pendapat saudara tentang pengertian pendidikan, pendidik dan guru!
2. Dalam proses pendidikan, guru tidak hanya menjalankan fungsi transfer of knowledge atau alih ilmu pengetahuan, tetapi juga berfungsi untuk menanamkan values (nilai) serta character building (membangun karakter) peserta didik secara berkelanjutan. Oleh karena itu guru harus memiliki berb agai kecerdasan. Sebutkan dan jelaskan berbagai kecerdasan yang harus dimiliki guru!
3. Guru adalah profesi yang harus dilakukan oleh orang yang profesional. Sebutkan pengertian profesi dan syarat-syarat profesi serta pengertian profesional dan kompetensi profesional!
4. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi. Jelaskan kualifikasi dan kompetensi apa saja yang harus dimiliki guru berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru.
5. Guru bertugas sebagai learning agent. Learning Agent atau agen pembelajara. Sebutkan dan jelaskan apa saja peran guru sebagai learning agent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar